Minggu, 25 September 2011

Mengenal Nuklir sang Energi Masa Depan

Nuklir adalah sebuah kata sifat yang khusus berhubungan dengan necleus atau into atom, sedangkan reaksi nuklir adalah reaksi yang melibatkan inti atom. Biasanya terjadi antara into atom degan inti atom atau dengan partikel elementer yang menghasilkan porduk yang berbeda dengan inti atom atau partikel sebelum reaksi. Secara umum reaksi nuklir dapat dibedakan menjadi reaksi penggabungan ( fusi ) dan reaksi pembelahan ( fisi )

* Reaksi Fusi Nuklir 

Reaksi fusi merupakan penggabungan dua buah inti atom untuk menghasilkan inti atom ang lebih berat. Reaksi ini diikuti oleh pelepasan atau penyerapan energi serta partikel - partikel elementer Fusi atom Deuterum (2H) dengan Tritium ( 3H ) atau ( D-T fusion ) akan menghasilkan sebuah atom Helium ( He ) dan neutron ( n) disertai oleh pelepasan energi.

* Reaksi Fisi Nulir

Persitiwa pecahnya inti suatu atom menjadi dua atau tiga buah inti atom lain yang lebih ringan disibut raksi fisi. Proses raksi yang biasanya berawal dari penetrasi partikel elementer neutron ke dalam inti atom yang kemudian menjadi tidak stabil dan akhirnya pesah menjadi dua inti atom lain yang disebut produksi fisi.

* Energi Nuklir

Energi yang dibebaskan dalam proses reaksi nuklirm seperti dalam reaksi fisi, dinamakan energi nuklir. Proton dan neutron secara independen adlah partikel bebas , shingga ketika bergabung membentuk satu inti atom, partikel - partikel ini terikat oleh energi yang disebut energi ikat. Sebagian dari energi ikat yan dilepsakandelam proses raksi fisi nuklir inilah yang menjadi sumber energi nuklir. 
Sekitar 80% dai energi nuklir ini dibawa oleh produk fisi dalam bentuk energi kenetik yang kemudian terdisipasi menjadi panas di dalam medium bahan bakal ketika produk fisi tersebut bergerak dan kehilangan energi dalam medium.


2 komentar: