Senin, 26 September 2011

Komponen-komponen Utama Reaktor Nuklir :)

  1. Tangki Reaktor 
  2. Teras Reaktor
  3. Bahan Bakar Nuklir
  4. Bahan pendingin
  5. Elemen Kendali
  6. Moderator 
Sekarang tau kan apa aja komponen - komponen utama di Nuklir.. 
And then,
check out it!

1. Tangki Reaktor
    Berbentuk silinder .  Tebalnya sich kurang lebih 25 cm. Yang berfungsi Sebagai wadah komponen lain, tempat untuk reaksi nuklir dan penahan radiasi .. Nah , sekarang you know it kan..
    Tangki reaktor ini tuh kayak induknya reaktor..ini si kata kita.. :)

    2. Teras Reaktor
    Teras Reaktor itu tempat untuk bahan bakar, dibuat berlobang ( kolom ) untuk menempatkan bahan bakar reaktor yang berbntuk batang. Biasanya teras reaktor ntuu dibuat dari logam yang tahan panas dan tahan korosi ..


    3. Bahan Bakar Nuklir
    Ini adalah komponen utama yang memegang peranan penting untuk berlangsungnya reakso nuklir. Bahan bakar dibuat dari isotop alam seperti Uranium, thorium yan gmempunyai sifat dapat membelah apabila bereaksi dengna neutron .. Kabarnya tanah Bangka Belitung ini banyak mengandung Thorium loh .. :))


    4. Bahan Pendingin
    Bahan pendingin ini berfungsi untuk mencegah agar tidak terjadi akumulasi panas yang berlebihan pada tesa reaktor, maka dapat dipergunakan bahan pendingin untuk pertukaran panasnya, biasanya untuk bahan pendingin menggunakan air atau gas ..


    5. Elemen kendali
    Reaksi Nuklir itu bisa ga terkendali juga loh kalo partikel - partikel neutron yang dihasilkan dari reaksi sebelumnya sebagian tidak ditangkap atau diserap. Untuk mengendalikan reaksi ini , reaktor dilengkapi dengan elemen kendali yang dibuat dari bahan yang dapat menangkap atau menyerap naeutron. Bisa dibiling elemen ini adalah pahlawannya dari reaktor karena elemen ini juga menghentikan operasi raktor sewaktu - waktu apabila terjdi kecelakaan.


    6. Moderator
    Fungsi sii moderator ini unutk memperlambat laju neutron cepat ( moderasi ) yang dihasilkan dari reaksi inti hingga mencapai kecepatan neutron thermal untuk memperbersar kemungkinan terjadinya reaksi nuklir selanjutnya. Moderator ini terbuat biasanya dari air atau grafit.




       




    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar